27 November 2011

Napak Tilas

.....Aku menyadari sebelumnya bahwa pasti banyak diantara teman-teman Alumni SMA Negeri 1 Sungai Penuh lulusan 1995 yang tidak begitu mengenaliku, bahkan aku yakin dan percaya diantara teman-teman ada yang masih bertanya-tanya, siapa ya...??? dulu di kelas mana...??? kok aku gak kenal ya...??? Aku memaklumi hal itu karena aku memang sedikit berbeda dari teman-teman (berani tampi beda.red) Wkwkwkwk.... Berdasarkan hal tersebut maka aku mencoba untuk menulis atau lebih cocok dibilang curhat atau share lah di dinding blog kita ini, soalnya kata-kata menulis agak berat buatku mengingat aku bukan lah penulis yang mahir seperti Bu Admin kita NELYA ERVINA. Hidup Bu Admin....!!! hehehehe

Adapun maksud dari coretan dindingku ini adalah sekedar untuk mengingatkan kembali ataupun mengenali lebih dalam lagi antara satu dengan yang lain seperti kata pepatah “Tak Kenal maka Tak Sayang, Tak Sayang maka Tak Cinta” dan yang lebih penting lagi adalah agar tali silaturrahmi diantara kita tetap lestari meskipun sampai kakek nenek.....  Amiiiin Ya Rabbal Alamin.....

Medio 1992 adalah awal ku menginjakkan kaki di Gedung Tua SMA Negeri 1 Sungai Penuh atau istilah kerennya saat itu adalah SMANSA. Sebagai siswa baru di SMANSA aku merasakan suasana yang aneh dan lumayan asing, hal itu dikarenakan aku berasal dari SMP yang berbeda dari teman-teman yang hampir keseluruhan berasal dari SMP Negeri 1 dan 2 Sungai Penuh. O’ya, perlu diketahui bahwa aku berasal dari sekolah dengan rayon yang berbeda yaitu SMP Negeri Tanjung Pauh... (Ndeso) hikz... ^_^

Sungguh merupakan perjuangan yang begitu berat bagiku saat itu untuk beradaptasi dengan lingkungan, teman-teman yang baru dan juga bahasa pengantar yang digunakan disekolah ini karena sangat berbeda sekali dengan bahasa yang digunakan di sekolah asalku dulu. Disekolah asalku menggunakan “Bahasa Tanjung Pauh” sementara disini menggunakan “BAHASA MINANG” yang setelah kupelajari ternyata memiliki 2 aliran, yaitu “Bahasa Minang Asli” dan “Bahasa Minang Pondok/Sungai Penuh”. Bedanya adalah pada intonasi atau cara pengucapan, kalau Bahasa Minang Asli mengucapkan KAMA ANG RIS...? dengan intonasi tegas, biasa dan pendek, sedangkan Bahasa Minang Pondok/Sungai Penuh adalah dengan irama yang mendayu dan lebih panjang dan lama... “KAMAAA... ANG RIS...???”  (baca dengan irama Pondok/Sungai Penuh.red) Wkwkwkwkwk... Namun sejalan dengan waktu yang terus begulir akhirnya aku bisa berbahasa minang seperti yang teman-teman gunakan.

Saat pertama di SMANSA aku ditempatkan di Kelas 1 C, dan teman yang pertama kali aku kenal adalah AFRIZAL SATRIANTO (ARIS) dan ADEK BUSYRI (ADEK) yang memang sebelumnya aku juga sudah mengenal mereka berdua saat persiapan ke Jambore Daerah 1991. ARIS adalah teman yang asyik dan gaul abiz ditempatkan dikelas 1 E sedangkan ADEK dikelas yang sama denganku. Dari mereka berdua akhirnya aku dikenalkan dengan teman-teman yang lain termasuk teman-teman di kelasku seperti : DEWI RIKA SUSANTI (Cik) cewek yang pertama kali ku kenal di SMANSA, BUDI TAUFIK (Oek), MUHAMMAD ZUHDI (Zuhdi), SILVIA YUNITA (Sil), JONNI (Ony), RONNY RIKHO SINAGA (Riko), RIZA (mohon maaf atas kesalahan dalam penulisan nama dan gelar.red) dan teman-teman lainnya yang aku juga sudah lupa karena sudah begitu lama.

Singkat cerita, setahun kemudian aku naik ke Kelas 2 dan terjadi pembagian lokal lagi. Di Kelas 2 aku ditempatkan di Kelas 2 Biologi 2 yang sampai saat ini aku cuma ingat  teman satu-satunya adalah ROBBY WIJAYA (Oby) itupun lantaran kami pernah bersaing secara sehat untuk mendapatkan Cinta seorang Gadis dari SMA Hiang yang ikut BSP (Bahana Suara Pelajar) waktu itu... dan akhirnya yang meraih cintanya tak lain dan tak bukan adalah Adhe Tanjap.... ha...ha...ha...ha...ha... (Ssssttt...Secret.Red) PISS By.... Saat di Kelas 2 aku lebih banyak eksis di luar yaitu dengan teman-teman GENG MOTOR-ku dibandingkan dengan teman sekolahku. O’ya, waktu naik Kelas 2 aku ngamuk-ngamuk minta dibelikan motor GL-PRO sama Ortu ku, karena saat itu motor GL-PRO adalah sudah “Sahabih-habih Gaya” (pinjam istilah JULI HENDRIKO alias Naggut alias Hendri Metalik alias Een Irama)... Wkwkwkwkwkwkkk... Sehingga mengakibatkan nilai belajarku benar-benar anjlok dengan predikat ranking terakhir.... huahahahahahahaaa (buka kartu.red).

Kemudian tak lama berselang, kira-kira sepeminum teh... (pinjam istilah WIRO SABLENG.red) wkwkwkwk... kami pun naik ke Kelas 3. Kegagalanku di segala bidang di Kelas 2 semoga tidak terulang lagi di Kelas 3. Aku berterima kasih sekali kepada Pak PASMA (Alm.) dan Pak PRINSIS AMARWAN yang telah banyak membantuku agar bisa naik ke Kelas 3, dan atas nasihat-nasihat beliau lah maka di Kelas 3 aku mulai sedikit berubah dan mulai banyak bergaul dengan teman-teman sekolah dan nongkrong di rumah ARIS jika malam menjelang bersama ABOIK, EDWIN, NOVI EKA SAPUTRA, ADEK BUSYRI, JULI HENDRIKO, ROBBY WIJAYA, PAPAL (PGRI), Alm. DENI dan lain-lain.

Sedikit tentang kelas ku yang baru. Di Kelas 3 aku dipindahkan ke 3 Biologi 1, adapun teman-teman satu lokalku adalah INDAH NIANI, YESSI NIRMALA DEWI, EVA MARLINA, HERLINA, MERI, FITRI, EMELIA DEWI yang sampai kuliah pun dengan dia.... (uuufffftttt bosaaaaaan.red) wkwkwkwkwk... (PISS Wi...), EKA MAHENDRA, FEBRINO SATRIA UTAMA, Pasutri BUDI RIANTO (Sabuang) & MIRAWATI, HERDINAL, HERA KASMA, BOBI IRAWAN, FENDI PIDUNG, AANG dan lainnya yang tidak bisa kusebutkan satu persatu mengingat durasi dan jam tayang serta daya ingatku yang mulai menurun. Hikz... ^_^

Selama di SMANSA aku mengakui bahwa aku cuma lebih banyak bergaul dengan teman satu kelasku dan teman-teman yang hobby 'cabut' lalu nongkrong di Taman Bacaan MIRA milik Ayah dan Bakso ENCUL seperti OKA HERTIANTO, ASRIL, NUGRA HERI, RULLY  dan lain-lain dibandingkan dengan teman-teman alumni lainnya. Bahkan aku terkadang Apatis (ups...jadi ingat temanku Alm. NANDAI, anggota Geng Apatis... hikz...) dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah seperti OSIS dan sejenisnya, makanya wajar saja diantara teman alumni ada yang tidak begitu mengenaliku dan hanya pernah mendengar nama besarnya yang legendaris saja sebagai ADHE TANJAP alias ADHE GARONK.... (sombong s’tek.red) Wkwkwkwkwkwkwkwkwkkk... PISS... :P

Akhirnya semoga tulisan ini bisa sedikit memotivasi kita semua untuk bersua kembali atau kato kami dusun BUSUO KANTI LAMO atau dalam istilah kerennya disebut REUNI... Mmmmmuuuuachhh...

To be Continue....

Posted by ADE CHANDRA

5 comments:

  1. Kreatif...jujur...dan mantaaaap...sukses selalu buat Ade

    ReplyDelete
  2. hmmmm.... tapi setelah buk admin...
    hikz... ^_^
    thank's...

    ReplyDelete
  3. i like it... de sia namo anak hiang tu ??? wkwkwkkkk

    ReplyDelete
  4. lupo wak, tapi kalau ndak salah MEDI nak by...??? huahahahahahahahahahahaaaa...

    ReplyDelete
  5. wah, sejak kutinggalkan salah jalan ternyata dirimu de.. hehehe

    ReplyDelete